Buka jam 08.00 s/d jam 17.00, Minggu & Hari Besar Libur
INFO 1 : Ongkos kirim gratis untuk wilayah Jabodetabek siap antar kerumah Anda! INFO 2 : Gratis kaos keren dari zeus battery untuk pembelian aki motor 10 pcs & aki mobil 1 pcs. INFO 3 : Dapatkan diskon hingga 30% untuk aki motor dan 15 % untuk aki mobil periode 2019. INFO 4 : Yukk jadi agen zeus battery? banyak keuntungan banyak bonus, daftar sekarang juga 081310164662. .
Beranda » Blog » 9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet

9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet

Diposting pada 21 Maret 2019 oleh zeusbattery | Dilihat: 99 kali

cara merawat aki mobil

9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet dan Tidak Cepat Soak – Aki adalah salah satu part terpenting yang berfungsi menyuplai daya listrik kendaraan. Jika Aki soak maka Anda akan kesulitan menghidupkan mesin mobil, AC, lampu dan komponen penting lainnya.

Kinerja aki juga tergantung dari usia mobil Anda, semakin lama maka akan semakin menurun juga kualitas aki yang ada didalamnya. Jika tidak diperhatikan, maka potensi aki soak dan rusak pun dapat merembet ke beberapa komponen mobil lainnya.

Isi ulang daya / charing pun percuma, sebab kemampuan aki menyimpan daya listrik juga sudah hilang. Lalu bagaimana cara agar kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat tekor / soak tanpa membeli aki baru? Yuk simak beberapa Tips dari kami toko dan pusat aki motor dan mobil Zeus Battery.

1.  Cek Kondisi Aki

Aki adalah komponen berupa baterai yang berfungsi menyuplai energi listrik ke beberapa bagian mobil seperti starter, lampu dan AC. Kemungkinan terburuk jika aki soak, mesin mobil tidak akan bisa hidup sama sekali. Kalau sudah begini tentu akan sangat merepotkan.

Tips merawat aki murah tanpa biaya yaitu dengan rutin mengecek kondisinya:
Pertama: ketahui dulu kondisi aki dengan menggunakan alat khusus yang bernama battery load tester. Alat tersebut akan menunkukan indikator besaran daya yang masih dimiliki Aki.
Kedua: cek juga cairan elektrolit yang ada dalam aki (khusus aki mobil basah). Jika menemukan cairan sudah tinggal sedikit dari normalnya, segera isi kembali.

2. Cek Terminal Aki

Terminal atau klep penghubung kutub positif dan negatif pada aki juga wajib Anda perhatikan. Biasanya masalah yang sering terjadi pada kulup / klep aki adalah munculnya jamur, karat, dan posisi klep longgar. Hal tersebut bisa berpengaruh pada kinerja aki itu sendiri.

Beberapa masalah diatas bisa kita ketahui dengan mudah dengan melakukan pengamatan secara langsung. Jika Klep aki berkarat, segera bersihkan dengan air panas. Siram perlahan bagian tersebut sambil digosok dengan menggunakan sikat gigi.

Selanjutnya bila kita mendapati terminal sudah mulai kendor, segera lakukan pengencangan. Jika sudah tidak bisa dikencangkan, tandanya Anda harus menggantinya baru. Anda bisa melihat katalog kami di Kategori Aki Mobil Basah Berkualitas Zeus Battery disini.

3. Panaskan Mobil Jika Jarang Digunakan

Mungkin Anda sudah mengetahui jika daya pada aki sebenarnya akan terisi jika mesin mobil dalam keadaan hidup. Mobil yang tidak pernah digunakan justru malah akan menurunkan daya aki, bukan menyimpan daya aki. Jika Anda mendiamkan mobil selama berminggu-minggu, maka akan sulit sekali di starter, bahkan tidak bisa hidup karena tenaganya sudah habis.

Terus berkurangnya daya baterai aki karena didiamkan ini dinamakan self discharge. Hal ini berlaku untuk semua jenis mobil. Oleh karena itu Anda harus memanaskan mobil secara berkala, ini merupakan salah satu tips merawat kinerja aki mobil supaya tetap awet dan tidak mudah soak.

4. Amati Pengisian Daya dan Ketersedian Listrik Aki

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa energi aki akan terisi saat mobil dihidupkan. Namun bagaimana jika sering menggunakan mobil tapi malah energi aki cepat habis? Hal tersebut bisa terjadi bila sistem pengisian aki sedang bermasalah.

Bagaimana cara cek sistem pengisian aki mobil yang bermasalah? caranya mudah, Anda tinggal melihat indikator baterai yang ada pada dashboard mobil. Jika mesin mobil dihidupkan dab lampu indikator baterai juga menyala, hal ini berarti pengisian tidak berjalan dengan baik.

Cara lain yaitu dengan cek arus pengisian pada aki mobil Anda. Caranya silahkan lepas teriman kutub negatif aki saat kondisi mesin sedang hidup. Jika mesin mati tiba-tiba berari ada yang tidak beres dengan sistem pengisian aki Anda.

Penyebab umum dari permasalahan diatas biasanya si empunya mobil sering gonta-ganti dan mungkin ada penambahan aksesoris mobil yang mengakibatkan penggunaan daya energi yang lebih besar dari aki bawaan mobil.

5. Lepas Kabel Aki saat Mobil tidak Digunakan

Tips selanjutnya merawat aki mobil agar tidak cepat soak adalah dengan melepaskan kabel aki dari terminal penghubung ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ini bertujuan agar aliran listrik pada aki tidak terus menerus berjalan, sehingga aki mobil menjadi tidak cepat tekor atau soak.

6. Hindari kebiasaan ini

Biasanya saat parkir disuatu tempat dan cuaca dalam keadaan panas, mau tidak mau kita menghidupan pendingin / AC dalam keadaan mesin mati. Selain itu mungkin kita juga menghidupkan pemutar musik dan posisi kontak dalam keadaan “ON”.

Sebenarnya kebiasaan tersebut kurang bagus dilakukan untuk aki mobil kita. Pasalnya tidak semua mobil bisa melakukan hal tersebut. Namun ada juga beberapa mobil yang bisa melakukan hal tersebut namun membikin Aki mobil cepat rusak dan soak.

Daya AC dan pemutar musik didalam mobil cukup besar, terlebih jika udara sedang panas-panasnya. Beban berat tersebut akan menguras energi aki dengan cepat sehingga akan habis dan bisa menyebabkan mesin mobil tidak mau menyala.

7. Tidak Mengidupkan Komponen Lain Saat Menghidupkan Mesin

Tips merawat aki mobil selanjutnya adalah hindari pemakaian komponen lain mobil, seperti pendingin / AC, pemutar musik, dll ketika menghidupkan mesin. Ini menjaga aki agar tidak cepat soak dan tidak tekor.

8. Tune Up Secara Rutin

Cara merawat aki mobil salah satunya adalah dengan rutin Tune Up. Saat melakukan tune up secara otomatis baterai aki juga akan diperiksa. Aki memang komponen vital yang harus dirawat agar tidak terjadi hal-hal yang merepotkan diperjalanan.

9. Pilih Aki Mobil Basah Berkualitas

Untuk kenyamanan mengemudi sebaiknya memilih aki dengan kualitas terbaik. Zeus Battery adalah salah satu merk aki yang bagus untuk mobil kesayangan Anda. Harga aki basah Zeus untuk mobil Avanza, Innova, Incoe, Jazz, Livina, Vios Limo, Ayla, Apv, datsun relatif terjangkau untuk kantong Anda.

Demikian beberapa tips dari kami yang bisa Anda lakukan agar aki mobil basah tidak cepat tekor atau soak. Jangan pilih sembarang Aki untuk mobil kesayangan Anda. Pilih selalu Aki berkualitas dan kami menyarankan Anda memakai Merk Aki Berkualitas Zeus Battery.

Karena Zeus Battery menggunakan teknologi dari korea dan jepang dan sudah mendapatkan lisensi JIS (Japanese Industrial Standard) dan SNI (Standard Nasional Indonesia). Hubungi kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan di Whatsapp 081342000410, Email : marketing.selatanmajusejahtera@gmail.com.

Demikian 9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Awet. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

 

Bagikan informasi tentang 9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet kepada teman atau kerabat Anda.

9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet |

Belum ada komentar untuk 9 Cara Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Awet

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
PESAN LANGSUNG
ZEUS NS60LS (46B24LS) LM

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

aki mobil basah ns60ls *Harga Hubungi CS
Ready Stock / 46B24LS
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / 46B24LS
Limited Edition
PESAN LANGSUNG
Zeus VRLA 12 V – 7 Ah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

aki vrla 7 Ah *Harga Hubungi CS
Ready Stock / vrla7
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / vrla7
PESAN LANGSUNG
ZEUS N120 (115F51) LM

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

aki n120 basah *Harga Hubungi CS
Ready Stock / 115F51
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / 115F51

Kantor Kami

PT SELATAN MAJU SEJAHTERA

Pergudangan Marunda Center

Jl. Marunda Makmur Blok E2 No.1, Cluster Rotterdam, Tarumajaya, Kab.Bekasi, Jawa Barat Indonesia, 17211.

Call/SMS/WA : (021)88997274 +6281310164662
E-mail : marketing.selatanmajusejahtera@gmail.com

LiveChat Senin-Sabtu (08:00 – 17:00) WIB
Minggu & Hari Besar Slow Respon

SIDEBAR