Buka jam 08.00 s/d jam 17.00, Minggu & Hari Besar Libur
Zeus Battery: WOW Ongkos kirim gratis untuk wilayah Jabodetabek siap antar kerumah Anda! Zeus Battery: GRATIS kaos keren dari Zeus Battery untuk pembelian aki motor 10 pcs & aki mobil 1 pcs. Zeus Battery: Dapatkan DISKON hingga 30% untuk aki motor dan DISKON 15% untuk aki mobil periode 2020. Zeus Battery: Yukk jadi Agen Zeus Battery! BANYAK KEUNTUNGAN! BANYAK BONUS! Daftar sekarang juga di 081310164662. Zeus Battery: Selamat Tahun Baru 2020 Semoga Sukses Selalu ^_^
Beranda » Blog » Penyebab Aki Motor Kembung

Penyebab Aki Motor Kembung

Diposting pada 10 Februari 2020 oleh zeusbattery | Dilihat: 217 kali

Penyebab Aki Motor Kembung – Kalo normal ya Bro/Sis, masa pakai aki tuh antara 2 samapi 2,5 tahun aja ya Bro/Sis. Namun ya Bro/Sis, umur pakai ini dapat jauh berkurang atau bisa lebih juga sih Bro/Sis. Ini semua tentunya tergantung perawatan dari pemilik kendaraan terhadap komponen pemasok arus ini.

Jadi nih ya Bro/Sis, apabila penggunaannya tepat, contohnya, level ketinggian aki dijaga, beban arus tidak berlebih, maka umur maksimal bisa dicapai aki tersebut Bro/Sis.

Baca Juga : Alasan Aki Motor Sering Tekor dan Cara Mengatasinya

Nah Bro/Sis, berkurangnya air aki menjadi hal yang lumrah. Hal tersebut ya karena setiap kali kendaraan digunakan, terjadi proses pengisian arus listrik dari alternator atau dinamo ke aki. Pada saat itulah, air menguap, sehingga lama-lama pastinya akan berkurang jumlahnya Bro/Sis.

Jadi nih ya Bro/Sis, fungsi air aki jadi pengantar arus listrik yang dipasok oleh alternator ke sel-sel aki. Maka dari itu ya Bro/Sis, apabila sel tidak terendam air, proses pengisian arus listrik tidak akan maksimal.

Baca Juga : Mobil Susah Starter? Jangan Salahkan Aki Dulu!

Penyebab Aki Kembung

Ciri Fisik Aki Rusak

Bro/Sis, aki yang tidak layak digunakan ada beberapa ciri fisik-nya ya. Cirinya antara lain yakni kondisi aki yang menggembung dan kerusakan sel di dalam aki Bro/Sis.

Untuk aki yang gembung, Bro/Sis dapat dilihat secara transparan. Penyebabnya, tentunya ya karena kelebihan gas hidrogen. Karena overcharge, atau Bro/Sis sering mengkorsletkan aki untuk mengecek arus.

Nah Bro/Sis, untuk aki yang mengalami kerusakan sel dapat menyebabkan soak. Sebab, sel ini yang berfungsi untuk menyimpan arus ya Bro/Sis.

Apabila sel rusak, pengisian yang dilakukan alternator, tentunya tidak dapat disimpan ya Bro/Sis. Hal seperti ini yang menyebabkan aki soak. Gejala seperti ini dapat ditemui, seperti halnya susah distarter, bunyi klakson lemah, atau nyala lampu sein redup ya Bro/Sis.

Bro/Sis, perawatan soal aki ini, dapat dengan mengecek sambungan kabel pada terminal aki yang kend0r yaa. Akibatnya nih ya Bro/Sis, terminal dan kabel aki menjadi panas, ya karena gesekan kabel yang mengandung arus listrik.

Baca Juga : Terkuak! Cara Jumper Aki Mobil yang Soak

Ini nih bahayanya Bro/Sis. Dapat menimbulkan percikan api, dan ini dapat menyebabkan kebakaran pada kendaraan lho Bro/Sis. Selain itu, aki tidak akan terisi dengan baik pada saat kendaraan dalam kondisi hidup Bro/Sis.

Perangkat modifikasi yang dilakukan pemilik motor, tentunya juga akan menyebabkan aki cepat rusak lho Bro/Sis.

Beban arus aki itu biasanya untuk menyuplai arus sekitar 70% dari batas pada aki Bro/Sis. Karenanya penambahan variasi seperti lampu dengan watt besar, klakson dengan suara kencang apabila Bro/Sis tidak diimbangi pasokan arus listrik dari alternator ke aki, maka aki akan cepat rusak, ya Bro/Sis.

Maka dari itu, Bro/Sis sangat disarankan untuk menyesuaikan kemampuan alternator jika melakukan modifikasi yang membutuhkan asupan arus listrik lebih banyak Bro/Sis.

Baca Juga : Kepanjangan VRLA dan Artinya

Pengisian Alternator

Bro/Sis, kerusakan aki bisa juga disebabkan oleh pengisian alternator yang sudah kurang baik lho Bro/Sis. Ini dapat menyebabkan aki cepat drop atau tekor Bro/Sis.

Terlebih untuk yang banyak memakai variasi elektronik, yang diyakini banyak juga memakan arus. Kelayakan kerja alternator harus diperhatikan ya Bro/Sis. Apabila memang tidak sesuai lagi, Bro/Sis segera ganti dengan yang berdaya lebih besar ya Bro/Sis.

Kerusakan bisa juga karena Bro/Sis membiarkan butiran putih oksidasi yang terdapat di kepala atau terminal aki. Kondisi ini sebenarnya wajar aja sih ya Bro/Sis terjadi di aki basah.

Hal seperti ini disebabkan penguapan yang berlebihan Bro/Sis. Bro/Sis segera bersihkan dengan menyiramkan air panas untuk merontokkan kerak. Karena jika tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan menggangu arus listrik Bro/Sis.

Baca Juga : Cabut Aki atau Tidak Ketika Mobil di Tinggal Liburan?


Zeus Battery adalah Distributor Baterai Aki Motor, Mobil, Kapal dan Industri Berkualitas.
Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com

Bagikan informasi tentang Penyebab Aki Motor Kembung kepada teman atau kerabat Anda.

Penyebab Aki Motor Kembung |

Belum ada komentar untuk Penyebab Aki Motor Kembung

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
PESAN LANGSUNG
Aki Mobil Zeus NT60-S4R LM SP

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Aki Mobil Zeus NT60-S4R LM SP *Harga Hubungi CS
Ready Stock / NT60-S4R
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / NT60-S4R
PESAN LANGSUNG
Zeus NX100-S6 LM SP

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Aki Mobil Zeus NX100-S6 LM SP *Harga Hubungi CS
Ready Stock / NX100-S6
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / NX100-S6
PESAN LANGSUNG
Zeus N50 LM SP

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

aki mobil zeus n50 lm *Harga Hubungi CS
Ready Stock / N50
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / N50

Kantor Kami

PT Selatan Maju Sejahtera
Pergudangan Marunda Center
Jl. Marunda Makmur, Blok E2, No.1,
Cluster Rotterdam, Kab.Bekasi,
Jawa Barat, Indonesia, 17211
P : +62 21 8899 7274
Senin – Sabtu | 08:00 – 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar Slow Respon

Map

SIDEBAR